SMP
Terbuka bagi siswa kurang mampu dengan lulusan berkualitas
Oleh:
Made robi pratama
Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha
Sekolah Menegah Pertama
(SMP) Terbuka adalah sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) yang dirancang
khusus untuk melayani para siswa usia 13-15 tahun maksimal 18 tahun yang tidak
dapat mengikuti pelajaran secara biasa di SMP Reguler setempat.Siswa yang tidak
bisa masuk ke SMP Reguler biasanya adalah siswa dengan hambatan
ekonomi,hambatan transportasi,kondisi geografis yang dihadapi,atau kendala
seperti bekerja membantu orang tua,tidak memungkinkan siswa itu mengikuti
pelajaran di SMP Reguler.Sesuai dengan tujuan SMP Terbuka yaitu memberikan
bekal kemampuan dasar yang merupakan perluasan serta peningkata pengetahuan dan
keterampilan yang diperoleh di Sekolah Dasar yang bermanfaat bagi siswa untuk
mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi ,anggota masyarakat,dan warga Negara
sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan siswa untuk hidup
dalam masyarakat dan atau mengikuti pendidikan menengah.Dewasa ini banyak isu
yang berkembang bawha tamatan dari SMP Terbuka memiliki pengetahuan dan
keterampilan yang tidak sebanding dengan SMP Reguler.Namun anggapan itu lama
kelamaan semakin memudar siring berjalannya waktu.Terbutki bahwa sekarang
tamatan dari SMP Terbuka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sama bahkan
di atas SMP Reguler.Dengan pendidikan selama 3 tahun di SMP Terbuka,mereka
perlu diberi pembelajaraan yang ekstra dibandingka dengan pembelajaran di SMP
Reguler.Hal disiapkan khusus agar siswa dari SMP Terbuka yang khususnya berasal
dari keluarha tidak mampu memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademis.Jam
pelajaran ekstra yang diberikan disesuaikan dengan kondisi di daerah
tersebut,sehingga siswa tidak ada lagi halangan untuk mengenyam pendidikan.Dengan
jam belajar yang fleksibel yang memudahkan siswa untuk mengikuti
pembelajaran,diikuti dengan pemberian materi pembeajaran dari guru dan
penguasan materi pelajaran dilakukan dengan peningkatan kualifikasi,pendidikan
dan pelatihan ,serta penyediaan buku referensi yang memadai baik untuk siswa
maupun untuk guru,dan ditunjang dalam pengembangan media belajar.Penguasaan
kemampuan memilih metode yang tepat dapat diperoleh dengan kemauan melakukan
evaluasi diri secara berkelanjutan melalui program classroom action research
penelitian tindakan kelas.Dengan melalui kegiatan ini akan dapat dilakukan program
perbaikan secara terus menerus.Apaibila pembelajaran di kelas sudah berjalan
baik,perlu diberikannya tugas dan tes untuk dijadikan evaluasi dalam prose
pembelajaran yang sudah berjalan.Proses pembelajaran di SMP Terbuka
dititikberatkan pada belajar mandiri baik secara perseorangan maupun secara
kelompok Kegiatan tersebut dapat dilakukan di SMP Terbuka itu atau di rumah
masing-masing.Agar proses pembelajaran ini lebih efektif,pada saat pembelajaran
berlangsung di SMP Terbuka dibantu olehh guru sebagai fasilitator.Hal ini
memngingat para siswa SMP Terbuka berasal dari tamatan SD/MI yang pada umumnya
belum terbiasa belajar mandiri.Keberadaan SMP Terbuka diharapakan mendorong
para siswa yang tidak mampu bersekolah di SMP Reguler agar mau bersekolah di
SMP Terbuka.Dengan menghasilkan lulusan siswa SMP Terbuka yang memiliki
kualitas tinggi,diharapakan siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan
Sekolah Menengah Atas jika dirasa memungkinkan untuk melanjutkan ke SMA.Hal ini
juga dapat membantu program pemerintah dalam menuntaskan wajib belajar 12 tahun
dengan adanya SMP Terbuka itu sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar