Sabtu, 02 Mei 2015

SMP Terbuka Bagi Siswa Kurang Mampu dengan Lulusan Berkualitas

SMP Terbuka bagi siswa kurang mampu dengan lulusan berkualitas
Oleh: Made robi pratama
Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha
 
                        Sekolah Menegah Pertama (SMP) Terbuka adalah sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) yang dirancang khusus untuk melayani para siswa usia 13-15 tahun maksimal 18 tahun yang tidak dapat mengikuti pelajaran secara biasa di SMP Reguler setempat.Siswa yang tidak bisa masuk ke SMP Reguler biasanya adalah siswa dengan hambatan ekonomi,hambatan transportasi,kondisi geografis yang dihadapi,atau kendala seperti bekerja membantu orang tua,tidak memungkinkan siswa itu mengikuti pelajaran di SMP Reguler.Sesuai dengan tujuan SMP Terbuka yaitu memberikan bekal kemampuan dasar yang merupakan perluasan serta peningkata pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di Sekolah Dasar yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi ,anggota masyarakat,dan warga Negara sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan siswa untuk hidup dalam masyarakat dan atau mengikuti pendidikan menengah.Dewasa ini banyak isu yang berkembang bawha tamatan dari SMP Terbuka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tidak sebanding dengan SMP Reguler.Namun anggapan itu lama kelamaan semakin memudar siring berjalannya waktu.Terbutki bahwa sekarang tamatan dari SMP Terbuka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sama bahkan di atas SMP Reguler.Dengan pendidikan selama 3 tahun di SMP Terbuka,mereka perlu diberi pembelajaraan yang ekstra dibandingka dengan pembelajaran di SMP Reguler.Hal disiapkan khusus agar siswa dari SMP Terbuka yang khususnya berasal dari keluarha tidak mampu memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademis.Jam pelajaran ekstra yang diberikan disesuaikan dengan kondisi di daerah tersebut,sehingga siswa tidak ada lagi halangan untuk mengenyam pendidikan.Dengan jam belajar yang fleksibel yang memudahkan siswa untuk mengikuti pembelajaran,diikuti dengan pemberian materi pembeajaran dari guru dan penguasan materi pelajaran dilakukan dengan peningkatan kualifikasi,pendidikan dan pelatihan ,serta penyediaan buku referensi yang memadai baik untuk siswa maupun untuk guru,dan ditunjang dalam pengembangan media belajar.Penguasaan kemampuan memilih metode yang tepat dapat diperoleh dengan kemauan melakukan evaluasi diri secara berkelanjutan melalui program classroom action research penelitian tindakan kelas.Dengan melalui kegiatan ini akan dapat dilakukan program perbaikan secara terus menerus.Apaibila pembelajaran di kelas sudah berjalan baik,perlu diberikannya tugas dan tes untuk dijadikan evaluasi dalam prose pembelajaran yang sudah berjalan.Proses pembelajaran di SMP Terbuka dititikberatkan pada belajar mandiri baik secara perseorangan maupun secara kelompok Kegiatan tersebut dapat dilakukan di SMP Terbuka itu atau di rumah masing-masing.Agar proses pembelajaran ini lebih efektif,pada saat pembelajaran berlangsung di SMP Terbuka dibantu olehh guru sebagai fasilitator.Hal ini memngingat para siswa SMP Terbuka berasal dari tamatan SD/MI yang pada umumnya belum terbiasa belajar mandiri.Keberadaan SMP Terbuka diharapakan mendorong para siswa yang tidak mampu bersekolah di SMP Reguler agar mau bersekolah di SMP Terbuka.Dengan menghasilkan lulusan siswa SMP Terbuka yang memiliki kualitas tinggi,diharapakan siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas jika dirasa memungkinkan untuk melanjutkan ke SMA.Hal ini juga dapat membantu program pemerintah dalam menuntaskan wajib belajar 12 tahun dengan adanya SMP Terbuka itu sendiri.























0 komentar:

Posting Komentar