Sabtu, 02 Mei 2015

Mungkinkah Tujuan Pendidikan Akan tercapai?



Mungkinkah Tujuan Pendidikan Akan Tercapai?
Oleh: Yuhana Dewi
Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesaha
 
Pendidikan adalah kunci suatu negara untuk mencapai tingkat kemakmuran dan menjadi negara yang beradab serta dengan pendididkan Indonesia diharapkan mampu keluar dari kemelut permasalahan yang ada. Namun masalah pendididkan di Indonesia sendiri belum bisa sepenuhnya terselesaikan. Jika kita lihat tujuan pendidikan negera ini tidaklah kalah dengan negara – negara maju lainnya. Menurut Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Jika kita lihat tujuan pendidikan itu tentu kita akan bertanya dapatkah tujuan pendidikan itu tercapai??? Jika kita lihat para perjuang bangsa ini memperjuangkan pendidikan di Negari ini tentu bukanlah hal yang mustahil untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tapi, untuk mencapai tujuan pendidikan itu tentu butuh proses yang panjang dan kerjasama antar berbagai pihak terkait karena tuk mencapai tujuan pendidikan banyak masalah yang harus dilalui mulai dari masalah tenaga pendidik, sarana dan prasarana pendidikan, hingga dana untuk pendidikan itu sendidri. Dana pendidikan yang dikeluarkan oleh negara menurut amandemen itu sebesar 20% dari APBN nyatanya belum bisa untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar siswa. Tujuan pendidikan tentu menginginkan siswa yang berkualitas namun untuk mencapai kualitas siswa itu fasilitas haruslah mendukung.
Berbagi upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas dari peserta didik salah satu melalui kurikulum yang digunakan oleh siswa. Tapi, sayangnya kurikulum yang digunakan di Indonesia terkadang masih membingungkan pendidik maupun para pendidik padahal kurikulum yang kita gunakan tidaklah kalah dari Negara – Negara tetangga. sehingga untuk mencapai apa yang diharapkan oleh bangsa ini mengenai pendidikan atau kualitas sumber daya manusia haruslah dilakukan secara bersama – sama karena tujuan itu akan tercapai jika pemerataan pendidikan itu dapat tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar