Sabtu, 02 Mei 2015

INFRASTRUKTUR YANG BAIK UNTUK MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA



INFRASTRUKTUR YANG BAIK UNTUK MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA
Oleh : Ade Retno Wulandari
Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas negeri Surabaya 

            Pendidikan adalah proses pentransformasian ilmu dari seorang guru kepada peserta didik.  Tetapi tidak hanya pentransformasian ilmu saja, pendidikan juga merupakan proses pendewasaan pemkiran sang peserta didik agar mereka mampu untuk terjun dalam masyarakat yang lebih luas. “Pendidikan  berarti daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti  (kekuatan batin), pikiran (intelek) dan jasmani anak-anak” (majelis luhur Taman Siswa,1957).
            Dalam proses pendidikan yang baik, tidak hanya dibutuhkan Guru yang memiliki kualifikasi pendidikan yang memadai tetapi juga sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar. Sarana dan prasarana yang dimaksud bukan hanya ruang kelas, papan tulis, spidol, dan buku teks. Tetapi akses menuju kesekolahnya juga harus di perhatikan. Masih banyak kita temui di Indonesia ini, anak-anak yang masih harus melewati gunung, hutan bahkan sungai yang dalam dan berarus deras serta terjal untuk menuju ke sekolah mereka.
            Semangat mereka yang tinggi harusnya diapresiasi dengan membangun infrastukur yang memadai bagi para siswa tersebut. Dengan infrastruktur yang baik, para siswa tersebut pasti akan lebih giat sekolah karena akses menuju sekolahya lebih mudah. Di daerah terpencil banyak anak-anak usia sekolah yang tidak bersekolah dikarenakan kurangnya kesadaran untuk menempuh pendidikan dan karena medan yang harus mereka tempuh untuk ke sekolah sangat sulit. Mereka menjadi malas datang ke sekolah karena sekolah mereka sangat jauh dan lagi masih harus melewati hutan bahkan menyeberangi sungai yang arusnya deras dan itu tentu saja membahayakan nyawa mereka.
            Tenaga guru yang harusnya bisa mengajar di daerah terpencil tersebut juga sebenarnya banyak tersedia, tetapi sekali lagi, infrastruktur yang buruk membuat tenaga guru yang harusnya mengajar di daerah tersebut berfikir dua kali jika ingin mengajar disana. Di ibukota provinsi, pembangunan infrastrukturnya sangat memadai. Banyak sekolah yang didirikan di ibukota provinsi, selain itu akses menuju ke sekolah juga sangat memadai. Adanya halte bus, jalan raya, serta angkutan kota yang akan membawa kita ke sekolah.
            Tidak seperti di daerah terpencil, jangankan jalan raya, terkadang listrik saja belum masuk ke daerah mereka. Hal itulah yang membuat kebanyakan guru dari ibukota provinsi tidak mau megajar di daerah terpencil. Karena keterbatasan infrastukur tersebut benar-benar akan mengganggu kelancaran pembelajaran di daerah tersebut. Ketiadaan listrik di daeah terpencil juga akan menyulitkan siswa dalam belajar. Umumnya, siswa mulai belajar pada saat selepas maghrib, apabila tidak ada listrik di daerah tersebut, bisa dibayangkan betapa sulitnya siswa yang belajar hanya di terangi cahaya dari obor atau lampu tempel berbahan bakar minyak tanah. Akhirnya siswa menjadi malas belajar karena ia sulit melihat dalam cahaya yang remang-remang tersebut. 
            Pemerintah harusnya memkirkan hal ini. Infrastruktur yang baik pasti akan mendukung proses pendidikan ke arah yang positif pula. Pemerataan pendidikan di Indonesia akan sangat bergantung pada pembagunan infrastruktur. Apabila infastrukturnya baik dan memadai, siswa pasti akan lebih mudah dalam menempuh perjalanan ke sekolah sehingga mereka juga pasti akan lebih rajin untuk bersekolah. Guru juga akan bersedia ditempatkan di daerah apabila infrastrukturnya telah dibangun dengan baik, dan ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia.
            Kesimpulannya, pemerintah Indonesia memang harus berkonsentrasi terhadap pembangunan infastruktur/sarana dan prasarana di Indonesia. Dengan infrastruktur/sarana dan prasarana yang baik, saya rasa pendidikan di Indonesia akan lebih merata dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Sarana dan prasarana memang unsur yang sangat penting dalam pendidikan, dengan sarana dan prasarana yang memadai di berbagai daerah, Indonesia pasti dapat mewujudkan salah satu tujuan bangsa Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945 alinea ke-4 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa”.(wuu8)


0 komentar:

Posting Komentar