Senin, 07 Oktober 2013

Selayang Pandang



Dinamika pembangunan pasca reformasi telah menggerakkan jiwa dan semangat generasi muda untuk melakukan pembangunan dan perbaikan di segala bidang. Menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa pendidikan Ekonomi seluruh Indonesia yang merupakan bagian dari intelektual muda menyadari peran, hak dan kewajibannya sebagai salah satu komponen bangsa dalam melakukan pembangunan berdasarkan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Menyadari pentingnya peran serta mahasiswa dalam pembangunan, maka mahasiswa pendidikan ekonomi seluruh indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional Ekonomi dan Simposium Mahasiswa Pendidikan Ekonomi seluruh Indonesia di Pekan Baru Riau pada tanggal 8-11 April 2000. Pada tanggal 10 April 2000, musyawarah tersebut menghasilkan Deklarasi Lancang Kuning yang menyatakan bahwa seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi di Indonesia bergabung dalam wadah Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia (IMAPESI).
Terbentuknya IMAPESI diharapkan mampu menjadi wadah mahasiswa pendidikan ekonomi yang selanjutnya memperluas jaringan komunikasi antar mahasiswa pendidikan ekonomi seluruh Indonesia dalam mencermati perkembangan di bidang Pendidikan dan Ekonomi. IMAPESI juga diharapkan mampu menyatukan Visi dan Misi dalam dunia pendidikan dan Ekonomi yang selanjutnya dibahas secara intensif untuk dijadikan rekomendasi yang disampaikan kepada pihak pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat terkait untuk bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi penetapan kebijakan bagi pemerintah. Selain itu, juga untuk memperluas wawasan berpikir dan meningkatkan kebersamaan dan persaudaraan antar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi seluruh Indonesia dalam suatu Ikatan Persatuan dan kesatuan Bangsa.
Dalam perkembangannya, IMAPESI telah berhasil menyelenggarakan MUNAS sebanyak 4 kali. MUNAS yang pertama diselenggarakan di Universitas Negeri Makasar pada tanggal 3-7 September 2001, MUNAS yang kedua diselenggarakan di Universitas Mulawarman, MUNAS yang ketiga diselenggarakan di Universitas Negeri Semarang pada tanggal 10-14 Juni 2005, MUNAS yang keempat diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tanggal 4-6 Desember 2010.
MUNAS IV IMAPESI menetapkan Syarif Hidayatulloh (UNY) sebagai Sekretaris Jenderal IMAPESI untuk periode 2010/2012. Selain itu juga diadakan pembentukan pengurus pusat meliputi Bendahara (Sri Setiyo Rini / UNNES), Asisten Sekjend Bidang Pendidikan (Hamdan Ardiansyah / UPI), Asisten Sekjend Bidang Komunikasi dan Organisasi (Septiana Tri Cahyani / UNS), Asisten Sekjend Bidang Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (Marlina Ayu Apriyantini / UNY), Asisten Sekjend Bidang Penelitian dan Pengembangan (Irwan Afyanto / UHAMKA), Asisten Sekjend Bidang Dana Usaha (Arif Rahman Hakim / UMS). Koordinator wilayah yang terdiri dari : Koordinator Wilayah I (Forta Oktariansyah / UNSRI), Koordinator Wilayah II, (Choirul Hudha / UNEJ), Koordinator Wilayah III (Ali Ibnu Sholih / UNMUL), Koordinator Wilayah IV (Maryoto / UNMUL) serta mengangkat Suko Sri Anggono (UNS) sebagai Dewan Pembina.

-dari IMAPESI untuk Indonesia-
Hidup Mahasiswa

0 komentar:

Posting Komentar