Sabtu, 02 Mei 2015

Pengaruh Globalisasi Yang Semakin “Merongrong” Kualitas Pendidikan

Pengaruh Globalisasi Yang Semakin “Merongrong” Kualitas Pendidikan
Oleh: Ni Putu Dharma Yanti Dewi
Jurussan Pendidikan EKonomi Universitas Pendidikan Ganesha

            Globalisasi sudah bukan istilah awam dikalangan masyarakat. Pengaruh yang ditimbulkan dengan adanya globalisasi ini juga tidak luput dalam dunia pendidikan. Karakter bangsa yang sudah di bentuk semasih mengenyambangku taman kanak-kanak  mulai memudar seiring dengan adanya globalisasi. Pendidikan pancasila yang sampai tingkat perguruan tinggi terus gencar ditanamkan dan selalu dikembangkan sesuai kebutuhan peserta didik. Namun   pendidikan yang ditanamkan hanyalah sekedar teori semata, penerapan dari pendidikan ini kurang mendapat respon yang baik dari peserta didik.
            Banyak penyalahgunaan yang sering dilakukan dengan adanya globalisasi. Kebodohan dan kebutaan pendidikan pun sudah mulai dirasakan.  Kurangnya penyaringan dengan adanya pengaruh globalisasi menjadi alasan  utama pengaruh globalisasi semakin “merongrong” kualitas pendidikan. Pihak mana yang pantas disalahkan dengan adanya globalisasi? pendidikkah? Peserta didik? Atau pengaruh pemerintah?
            Tentu hal ini kita harus kembalikan ke masing-masing individu itu sendiri, bagaimana seorang individu khususnya generasi bangsa mampu menyikapi pengaruh globalisasi yang semakin cepat dan terus berkembang saat ini. Tentu pengaruh adanya globalisasi semata-mata tidak hanya memberikan pengaruh negative seperti rusaknya moral generasi muda dengan banyaknya video yang memuat tentang perbuatan asusila atau hal-hal lain yang mempengaruhi pola pikir generasi bangsa. Namun banyak pula pengaruh positif dengan adanya globaliasi dengan semakin majunya ilmu pengetahuan yang diperoleh oleh peserta didik. Untuk  menangani pengaruh globalisasi yang semakin merongrong kualitas pendidikan, kita sebagai generasi muda harus lebih selektif dalam menyikapi perkembangan yang ada.
           

0 komentar:

Posting Komentar