Sabtu, 02 Mei 2015

Kualitas Pendidik Sebagai Acuan Poteret Pendidikan

Kualitas Pendidik Sebagai Acuan Potret Pendidikan
Oleh: Ni Putu Dharma Yanti Dewi
Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

Berbicara mengenai potret pendidikan yang ada di Indonesia, tentu tidak luput peran pendidik di dalamnya. Dari jenjang taman kanak-kanak sampai jenjang menengah atas peran seorang guru sangatlah penting. Sampai di perguruan tinggi peran pendidik seperti dosen tentu berbeda dengan seorang guru saat masih mengenyambangku sekolah. Dimana peran guru terlihat lebih kental dengan peran orang tua dirumah karena pada hakekatnya guru itu orang tua kedua kita di sekolah. Berbeda saat kita mulai memasuki jenjang perkuliahan, dimana peran dosen sendiri sangat berbeda karena di jenjang inilah pembentukan karakter saat  masihmengenyambangku sekolah itu mulai ditonjolkan dan mulai di kembangkan dengan pemikiran yang lebih matang.
            Dewasa ini, peran pendidik sungguh mendapat respon yang ironi dalam mengembangkan kualitas pendidikan yang ada. Kesan pendidik yang semata-mata hanya mementingkan upah yang diterima tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan kepada peserta didik. Padahal semakin baik kualitas pendidik maka semakin maju kualitas generasi bangsa Indonesia. Karena generasi bangsa menjadi penerus cita-cita bangsa. Suramnya karakter dan kualitas yang dimiliki generasi bangsa tentu berpengaruh dengan kemajuan bangsa.
            Tingkat upah/gaji yang diberikan pemerintah kepada pendidik, tidak  sedikit yang masih memberikan pelayanan yang biasa-biasa saja. Dimana, tujuan pemerintah untuk meningkat kan upah/gaji tentu dengan harapan agar pendidik lebih meningkatkan kualitas dalam mengajar. Ilmu yang di bagi juga semakin berkembang dan berkualitas. Namun pada kenyataannya pendidik masih luput dalam memahami kebijakan yang sudah di keluarkan oleh pemerintah.
           

0 komentar:

Posting Komentar